Wednesday, November 1, 2017

Ini dia perbedaan cerita antara manga dan anime Tokyo Ghoul

Hii semua, udah 2  bulan saya vakum  dari dunia blog dan entah kenapa dapat ilham membuat postingan ini. Ya karena jagat manga sedang dihebohkannya oleh chapter tokyo ghoul: re dimana si haise atau ken kaneki menemui ajalnya maka saya pun berniat juga untuk membahasnya. Namun berhubung pengetahuan saya terkait manga tersebut masih terlalu minin maka saya akan posting tentang perbedaan plot antara manga dan animenya aja deh.

Yuk tanpa basa-basi lagi kita sambut bahas satu persatu apa yang menjadi perbedaan antara versi manga tokyo ghoul dengan versi animennya.


Perbedaan antara manga dan anime Tokyo Ghoul

    Penampakan Rize          


9cccf55f2002c2f9ab6d6fac8264ca0f.jpg
Biasanya Kamishiro Rize selalu datang disaat sisi ghoul Kaneki mulai nampak dan mengganas lalu Rize akan menggoda Kaneki dan membuatnya bimbang. Tentu saja, Rize yang datang adalah khayalan Kaneki sendiri.
tokyo-ghoul-carnage.png
Nah, dalam manganya Rize hanya datang saat Kaneki disiksa oleh Yamori  dan membuat Kaneki menerima sisi ghoulnya. Dalam anime Rize hampir selalu datang untuk menggoda Kaneki. Di manga saat Kaneki mau memakan Hide atau tertarik dengan daging pemberian Yoshimura Rize pun tidak datang.


  Awal Hide masuk CCG          

hide.jpg


Karna saya lebih dulu menonton anime daripada membaca manganya, saya bingung kenapa Hide tiba-tiba masuk CCG dan berpakaian tempur ala CCG dan saat membaca manganya ternyata disana dijelaskan lebih detail.

Dalam manga, Hide yang tahu Kaneki berubah jadi ghoul dan tiba-tiba menghilang mencoba mencari informasi di markas CCG distrik 20, bekerja sebagai kurir atau pekerja bebas dan akrab dengan Takizawa. Saat itu CCG sedang menyelidiki Aogiri dan markasnya. Ditengah-tengah investigasi tiba-tiba ada penelpon misterius yang menyatakan bahwa ia tahu letak markas Aogiri, segera CCG pun mendatangkan anggota ke distrik 11 dan mengepung markas tersebut dan benar saja, markas yang dibilang si penelpon misterius itu adalah markas Aogiri.



Saat CCG menyerbu , Anteiku juga ikut dan menyamar jadi Aogiri untuk menyelamatkan Kaneki walau ujung-ujungnya Kaneki yang menyelamatkan semuanya. Setelah penyerangan ke distrik 11, dilacaklah si penelpon misterius itu yang ternyata  adalah Hide! ia langsung diajak Marude untuk ikut penyelidikan dengan Akira dan Amon karna kalau tidak dari informasi Hide, penyerangan markas Aogiri akan tertunda sekitar 2 minggu. wah, Hide ternyata lebih cerdik daripada kelihatannya.


  Penculikan Kaneki          

HorribleSubs-Tokyo-Ghoul-10-720p.mkv_snapshot_04.49_2014.09.04_20.50.27.jpg

Dalam anime diceritakan kalau Banjou dan bawahannya datang mencari Rize tetapi tentu saja Rize tidak ada disana lalu Ayato tiba-tiba datang disusul Yamori dengan Nico. Tidak dijelaskan denngan jelas kenapa Yamori membawa Kaneki dan menyiksanya.

escape.jpg
Manganya menjelaskan lebih baik, jadi Aogiri sedang mencari Rize dan Dr.Kanou yang merupakan kunci bagi Aogiri. Banjou yang ada dibawah pengawasan Ayato disuruh untuk mencari Rize di distrik 20. Perintah yang diberikan adalah mencari Rize atau orang yang baunya mirip dengan Rize. Sampai di Anteiku Banjou mencari Rize dan bertemu Kaneki, menyuruhnya bilang pada Rize untuk lari. Ayato pun datang disusul Yamori dengan Nico dan membawa Kaneki yang baunya mirip Rize.
kaneki mau ikut yamori.jpg
Di markas Aogiri Kaneki tidak langsung ke tangan Yamori tapi ia diserahkan pada Ayato dan menjadi semacam budak kelaparan bersama kelompok Banjou. Kaneki lalu diajak kabur bersama Banjou dan bawahannya  saat penjagaan markas sepi, Kaneki pun setuju. Dihari H rencana kabur mereka gagal karna ketahuan oleh Bin bersaudara dan Yamori yang seharusnya sedang keluar.
Yamori memberi penawaran pada Kaneki kalau ia bersedia ikut dengannya  maka Banjou dan yang lainnya akan dibiarkan kabur, tanpa pikir panjang kaneki lantas mengiyakan. Tentu saja Yamori berbohong. Disitulah Kaneki disiksa oleh Yamori dan Banjou serta yang lainnya dikurung.


  Kaneki bergabung dengan Aogiri         

aogiri_by_kenkaizar-d8f1h4m.png

Yang satu ini juga sangat sangat jauh dari manganya. Anime menceritakan kalau setelah Kaneki bebas dari Yamori Kaneki meninggalkan Anteiku dan bergabung dengan Aogiri. Tujuannya? jelas untuk menjadi lebih kuat agar bisa melindungi orang yang Kaneki sayangi. Tapi bukankah agak tidak logis jika ia malah bergabung dengan kelompok yang justru membahayakan orang-orang Anteiku? bergabung dengan organisasi yang menyakiti teman-temannya? bukankah banyak cara untuk menjadi kuat?
kaneki and geng 2.jpg

Dalam  manga, setelah Kaneki mengalahkan Yamori ia langsung membebaskan Banjou dkk dan menyelamatkan Touka juga Nisiki senpai lalu bertarung dengan Ayato.
kaneki and geng.png
Setelah urusan di markas Aogiri selesai dan CCG pun memenangkan pertarungan(itu adalah pengecoh karna sebenarnya saat CCG datang, para petinggi Aogiri sedang menyerbu Cochlea) Kaneki berkata pada semua orang bahwa ia tidak bisa kembali ke Anteiku karna ada hal yang harus dia urus terlebih dahulu. Banjou dan bawahannya ikut serta juga Tsukiyama dan Hinami. Kaneki membuat kelompok sendiri untuk mencari tahu tentang Dr.Kanou.

Jadi sebenarnya Kaneki tidak bergabung dengan Aogiri bahkan Kaneki sangat membencinya sampai ingin menghancurkannya.


  Pertarugan sengit Kaneki di Cochlea         


53SD5T9.png
Nah ini juga sangat-sangat berbeda antara anime dan manganya. Di anime setelah Kaneki bergabung dengan Aogiri mereka menyerang Cochlea dan membebaskan tahanan ghoul disana dan Kaneki bertarung lalu kehilangan kendali.


Di manga Kaneki yang berburu informasi tentang lokasi Dr.Kanou menemukan letak mansion lamanya dan mencari tahu kesana dengan Banjou dan kawan-kawan. Mereka mengetahui itu dari nyonya A yang melakukan kontak langsung dengan Dr.Kanou.
kanou kaneki.jpg
markas kanou.jpg
Lama mencari mereka menemukan ruang bawah tanah dengan dinding sel RC dan bertemu dengan si kembar Kurona dan Nashiro, Ghoul setengah manusia ciptaan Dr.Kanou. Kaneki menyerahkan mereka pada Tsukiyama dan melesat ke temoat Dr.Kanou. Dan disaat itu juga Anggota CCG dibawah komando S-Class Shinohara juga datang ke tempat itu lalu mereka bertarung disana.


  Hinami         

hinami and kaneki.jpg
Hinami di anime Hinami tinggal di anteiku tetapi dalam manga, Hinami ada di bawah pengawasan Kaneki dan tinggal bersama dengan banjou dan lainnya dengan keputusannya Hinami sendiri.

  Aogiri melawan Owl mata satu         


Lah, lah ini kan perang antara CCG dan pasukan Owl mata satu kenapa Aogiri tiba-tiba datang? Aneh bukan?

Tenyata kedatangan mereka adalah mencari sampel percobaan yang bagus untuk dijadikan ghoul. Pertama Eto yang bisa dibilang menyelamatkan Yoshimura walau tujuannya untuk dijadikan bahan lain karna Rize sudah diambil oleh Yomo.

amon 2.jpg
Dan Amon belum mati saat melawan kaneki, hanya lengannya yang putus. Takizawa yang tahu tentang firasat buruk Akira langsung pergi menuju tempat Amon dan benar saja, kondisi Amon sangat kritis tapi ia belum mati dan saat itu munculah Tatara, Noro dan ghoual Aogiri menyerang mereka dan menyerang Takizawa dan Amon berusaha melawan, dan tidak diceritakan lagi.

Dalam versi anime Noro dan Tatara datang melawan Takizawa dan sempat bertarung dengan Hoji dan tidak ke tempat Amon. Di anime Akira yang datang ke tempat Amon dan hanya menemukan baju tempurnya saja.

  Hide         


hide mati 2.png
Kaneki yang terluka setelah bertarung dengan Amon pergi dengan luka yang cukup parah dan saat ia terbangun ternyata ia berada di Anteiku bersama dengan Hide. Kaneki terkejut dan berusaha menyembunyikan mata merah ghoulnya tetapi Hide tetap mengobrol santai dengannya dan bilang bahwa Hide sudah tahu yang sebenarnya dan Hide terluka parah. Kaneki menggendong Hide dan membawanya ke tengah-tengah pasukan CCG lalu melawan Arima.

Di dalam manganya Hide diajak Marude untuk menyelidiki pertarungan dengan Owl mata satu dan menemui Kaneki. Squad Arima telah memblokir jalan keluar dari terowongan bawah tanah para ghoul, Hide menemui Kaneki yang luka parah di terowongan bawah tanah dan menyuruhnya melawan Arima.


Dalam anime, Hide jelas digambarkan mati atau pingsan di gendong Kaneki tetapi dalam manga Hide menghilang dan entah kemana, hanya diceritakan Kaneki berjalan menuju Arima dengan luka yang sudah pulih dengan rasa darah di mulutnya.

  Kaneki dulu baru Eto         


Tokyo Ghoul Season 2 Episode 12_END.mkv_snapshot_20.27_[2016.07.01_06.22.53].jpg
Saat pertarungan pemusnahan Owl mata satu, Arima datang dan melawan Eto. Setelah Eto kabur Kaneki datang dan bertarung dengan Arima.
CAy-p3OVIAAJaK-.jpg
Di manga, Arima bertarung dengan Kaneki dulu baru melawan Eto. Setelah memblokir jalur terowongan dan mengalahkan Kaneki, Arima datang membantu pasukan yang melawan Eto. Tetapi ditengah-tengah pertempuran Eto menelan Yoshimura dan kabur.
arima vz kaneki.png


  Hujan bukan salju         


Ini perbedaan yang juga sangat mencolok antara anime dan manga Tokyo Ghoul. Entah kenapa, setting akhir pertarungan yang dalam manganya hujan di anime malah dibuat menjadi salju!

salju.jpg
Yang putih-putih itu salju



hujan.jpg
Yang dimanga lagi hujan ceritanya

well, mungkin agar kesan dramatis animenya lebih mengena dengan butiran-butiran salju dan jalanan putih mengkilap yah.



tumblr_inline_nyw76mP5p21t0zp5p_500
Seberbeda apapun manga dan animenya, justru itulah daya tarik yang dimiliki masing-masing versi. Mungkin alur anime sangat berbeda untuk menyngkat waktu tayang dan membuatnya lebih mudah dicerna sehingga tidak terlalu berbelit-belit seperti di manganya. Juga banyak perbedaaan agar tragedinya lebih terasa dramatis dan mencekam.

yah, apapun perbedaannya yang pasti semua itu ada untuk mempercantik alur dan cerita tersebut sehingga tidak bosan untuk ditonton.

-“Aku sangat yakin pada dirimu, jadi teruslah ingat akan aku”_ToukaKirishima

Ok sekian pos panjang kali ini, jangan bosan-bosan datang ke blog sederhana ini ya, ya walau jarang update juga sih. Ya terserah lah kalau mau datang atau gak toh saya buat blog ini khusus untuk keluarin unek-unek aja pun.


0 komentar

Post a Comment