Monday, April 16, 2018

Sakasama no Patema review, Anime unik berlatar di dunia terbalik

Sakasama no Patema Review



Apa yang kamu pikirkan jika melihat langit sebagai jurang dan atap rumahmu sebagai langit? mungkin terdengar aneh namun hal itu terjadi di anime, tepatnya di anime Sakasama no Patema. Anime yang juga dapat diartikan "Patema Yang Terbalik"  ini merupakan salah satu anime terunik yang pernah mimin tonton. Kenapa? karena konsep cerita tadi yaitu dunia yang terbalik yang menghubungkan sepasang manusia yang berbeda dunia. Ok, tanpa berlama-lama lagi mari kita bedah satu persatu anime unik yang satu ini.


     Sinopsis       


     Sakasama no Patema mengambil setting cerita ketika dunia terkena dampak sebuah penelitian yang serius. Para peneliti yang tergabung dalam penelitian ini bekerja keras untuk dapat memanfaatkan gaya gravitasi menjadi energi. Namun penelitian mereka mengalami kegagalan dan memberikan dampak yang besar kepada penduduk bumi. Sesaat setelah kegagalan tersebut terjadi, tiba-tiba fenomena aneh pun tejadi yaitu semua benda-benda bermassa terangkat keatas langit. Hal ini terjadi karena terjadinya perubahan pusat gravitasi yang menyebabkan semua benda bermassa tadi naik keatas menuju pusat gravitasinya yang baru. Sungguh sebuah peristiwa yang mengerikan yang membuat dunia berubah total.

     Setelah bertahun-tahun dunia pun kembali normal karena tidak semua benda bumi berubah gravitasinya, dan salah satu manusia yang selamat dari tragedi itu adalah Patema. Seorang gadis kecil yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia dan beberapa kerabatnya tinggal di kota bawah tanah karena perbedaan gravitasi yang mereka punya. Orang normal yang ada diatas bumi sering menjuluki mereka "Bangsa terbalik atau Sakasama no Jin".

penjelasan dunia patema inverted
Ilustrasi dunia Pattema Inverted



     Suatu hari Patema menemukan suatu daerah yang oleh bangsa terbalik disebut daerah terlarang, terlarang karena sering terlihat manusia kelelawar (sebutan manusia yang tinggal di permukaan bumi). Di tempat inilah bangsa terbalik dan manusia kelelawar melakukan hubungan karena daerah ini satu-satunya penghubung kedua dunia. Dan secara tak sengaja saat itu Patema menemukannya, dan sialnya dia bertemu dengan manusia kelelawar yang ingin menangkapnya.

pertemuan pattema dan age
Pertemuan Pateema dan Age

     Karena panik, Patema berusaha melarikan diri, ia pun terjatuh ke jurang tersebut yang menuju ke permukaan bumi. Anehnya, ketika dia sampai di permukaan bumi, suatu yang menarik terjadi. Bagi manusia kelelawar si Patema terlihat tidak jatuh justru naik keatas langit. Aneh bukan? namun disinilah dia bertemu dengan manusia yang mereka sebut kelelawar. Seorang pemuda bernama Age, saat itu ia sedang duduk santai melihat langit. Tiba-tiba fenomena aneh tadi pun terjadi, tak heran jika judul anime ini "Patema yang terbalik"


     Review       


Cerita: 8.4

   Ceritanya tentu menarik dan menawan. Kontras antara dua dunia dan masyarakat mereka yang berbeda namun konvergen mebuat penonton serasa melihat secara langsung scene demi scene. Anime ini seakan mengajrkan bahwa kebenaran itu bukanlah hitam atau putih atau benar dan salah. Akhiran terasa konklusif namun hanya perlu sedikit lebih untuk membuat cerita melayang (lihat apa yang saya lakukan di sana?). Satu-satunya masalah adalah bahwa itu ada di sana tetapi itu tidak terasa sempurna, meskipun 'dunia' yang ditampilkan di Patema Inverse tidak sesempurna yang terlihat.

Graphik: 8.7

   Seni  membantu mengilustrasikan cerita dan membuat sensasi yang mengasyikkan, hampir seperti terbang dalam petualangan ini. Pemandangan dan kontras antara kedua belah pihak di dunia memberi bergema denganmu untuk memberikan perjalanan yang layak dilihat. Masalah-masalah yang ada di dalam seni adalah bagaimana kadang-kadang tidak terasa seperti ada cukup bingkai seperti selama adegan gerak lambat yang membuatnya terasa menggelegar. Secara keseluruhan menyenangkan untuk ditonton tanpa banyak detail yang hancur.

Soundtrack: 7.4

   Nah mungkin bagian ini  menjadi bagian terburuk dari film ini atau lebih tepatnya bagian yang tidak begitu menarik meskipun pihak studio sudah berusaha. Mungkin ada 3-4 lagu yang dapat diingat tetapi tidak terasa terlalu terintegrasi dengan film.

Karakter: 8.0

   Sebagian besar karakter yang ditampilkan dan dieksplorasi cukup menghayati perannya. Sayangnya penjahat utama tidak merasa dapat dipercaya dan keluar sebagai penjahat murahan sementara hanya  4-5 karakter lain diberi detail sementara yang lain layaknya bidak saja, hambar dan tidak relevan meskipun dapat diperdebatkan bahwa beberapa karakter adalah penggerak jalan cerita.

Kenikmatan: 9.0

   Tentunya menyenangkan melihat petualangan yang menyenangkan yang dapat dihubungkan dengan masyarakat saat ini tentang apa yang salah / berbeda dengan kita dan mengapa kita melihatnya dengan cara seperti itu. Ingat saja, tidak selalu seperti yang terlihat dengan film menjadi lebih dari sekedar perjalanan yang menegangkan. Kamu tidak perlu menjadi sangat intelektual untuk memahami dan bersenang-senang dengan film karena itu hanya berjalan dengan aliran yang membawamu bersama untuk pengalaman yang tak terlupakan

Keseluruhan: 8.4

   Secara keseluruhan anime ini sangatlah menyenangkan. seakan ingin melepaskan dan memulai perjalanan yang menyenangkan untuk ditonton dan dialami di mata dua protagonis utama. Walaupun tidak satupun dari keseluruhan scene yang memancing emosi terlalu dalam.


Btw, bagi kalian yang belum terlalu mengerti jalan cerita serta ilustrasi duinia patema diatas maka mimin akan mempostingnya nanti beserta ost dan link downloadnya.


0 komentar

Post a Comment