[Tutorial] Tips dan trik mendapatkan hasil foto terbaik dari Action Figuremu !!!

  Hei minna, sehat? waras? mimin harap iya, soalnya kali ini mimin ingin membahas sesuatu yang mungkin agak aneh bagi mereka yang belum kenal dekat dengan dunia anime. Ok, mimin biasanya tidak pernah membahas tutorial atau tips dan trik tapi kali ini mimin akan mencoba untuk membuatnya. Dan tada, pada postingan kali ini mimin ingin memberikan tips dan trik mendapatkan hasil terbaik dari Action Figuremu.

Ok, mimin yakin jika kamu membuka postingan ini maka tingkat kecintaanmu pada dunia anime sudah berada pada tingkat yang lebih tinggi. Tak salah memang, terkadang memang ada rasa rindu yang tak terbendung terhadap suatu chara anime sehingga Action Figure lah yang menjadi solusinya. 

Tingakatan Pecinta Anime

Tapi apakah kamu pernah berpikir untuk memotret Action Figuremu? jika iya mungkin memiliki masalah dengan hasilnya bukan? jangan khawatir bro, sesuai dengan judul postingan, mimin akan memberikan Tutorial mendapatkan hasil foto action figure terbaik. So simak baik-baik ya langkah-langkahnya.




Kamu pasti kenal dengan chara diatas, thats right, hasil foto Kao-chan diatas merupakan salah satu hasil foto terbaik yang mimin dapat. Tentu saja dengan mengikut tips-dan trik dibawah, check it out.

Pertama-tama kita siapkan alat perang kita, kalau kamu sudah terbiasa dengan dunia fotografi maka alat-alat dibawah tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Alat-alat yang perlu disiapkan, mulai dari:
  • Tripod
  • Smartphone
  • Action Figure
  • Canon atau nikon atau sejenisnya
  • kain polos
  • kotak sebagai lantai
  • cermin
  • lampu belajar untuk pencahayaan
  • Kotak Pensil 


Ok, jika semua alat sudah dipersiapkan maka kita masuk ke tahap pencahayaan. Dalam seni fotografi, para fotografer tidak pernah menggunakan cahaya langsung atau Direct Light karena dapat menurunkan kualitas fotonya. So, kali ini kita juga akan menggunakan pencahayaan secara tidak langsung atau Indirect Light. Oh ya, kamu bisa menggunakan lampu kamar sebagai sumber pencahayaanmu, sederhana bukan?

Sebagai tambahan, jika kamu meletakan sumber cahaya di belakang Kao-chan, pastikan punggungnya mendapatkan cahaya yang baik dan beri sedikit ke rambutnya. Liat hasil dibawah,


Jika kamu memilih pencahayaan dari depan, sekilas hal itu tampak alami dan juga mencerahkan wajahnya. Teknik yang dilakukuan pada pencahayaan di depatn tidaklah terlalu sulit, kamu cukup memperhatikan pose terbaik soroti apa yang menurutmu bagus. Namun mimin lebih memilih untuk melakukan pencahayaan dari belakang karena dapat menambah kesan photogenicnya.

Nah, jika kamu memilih pencahayaan dari belakang makan kamu pasti melihat bayangan terbentuk di sekitar wajah Kao-chan bukan? jika iya maka kita akan menggunakkan cermin dari depan untuk menghilangkannya.

caramu memantulkan cahaya dari cermin akan sangat menentukan bagus atau tidaknya pencahayaan, so do experiment to your Kao-chan. Di beberapa titik kamu Kao-chan akan terlihat bersinar, namun di titik lainnya akan menciptakan pencahayaan yang lembut. Liat hasilnya dibawah


Ok, jika pencahayaan sudah beres maka langkah selanjutnya adalah Latar belakang. Pilihlah latar belakang yang sesuai dengan Action Figuremu. Karena mimin menggunakan kao-chan, maka latar belakang yang mimin gunakan adalah " Cherry Blossoms " supaya kesan aprilnya terasa.


Setelah itu letakan Kao-chan didepan laptomu atau PCmu, pastikan posisinya pas sehingga ketika di foto akan mendapat hasil yang maksimal pula. Jika dirasa kurang tinggi maka gunakanlah kotak sebagai lantai, dan jangan lupa lapisi dengan kain agar kesan alaminya tidak hilang.


Setelah posisinya sudah pas, maka lakukan semua persiapan lainnya seperti lighting, pemantulan cahaya dll. Usahakan agar objek tidak terlalu banyak terkena paparan sinar, pemantulan cahaya adalah solusinya.

Jika semua langkah diatas sudah kamu lakukan seharusnya kamu sudah mendapati hasil yang lebih baik. Inti dari semua teknik diatas adalah Posisi yang tepat dan Pencahayaan yang tepat. Kamu bisa melihat hasilnya dibawah, tidak terlalu buruk untuk kualitas standar terlebih hasi foto dibawah belum tersentuh oleh software pengedit foto manapun.


Namun bagi kamu yang tidak memiliki kamera DSLR jangalah bersedih, karena kamu juga bisa mendapatkan hasil yang serupa jika menerapkan teknik yang tepat kepada boneka figurmu. Sebagai pembuktian, mimin mencoba memfotonya dengan kamera Xiaomi note 4 dan hasilnya sangat memuaskan. Kamu bisa melihatnya di bawah ini, walau masih terlalu kontras tetapi hal ini lebih baik dari pada kamu memfotonya secara sembarang.



Jadi gimana? hasilnya lumayan bagus bukan? dan hal ini tidaklah membutuhkan peralatan yang canggih atau meribetkanmu. Kamu hanya butuh keyakinan bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang bagus bukanlah terletak dari alat apa yang kamu punya tetapi sejauh mana kamu ingin mendapatkannya. Fotolah sesuatu yang kamu lihat berdasarkan apa yang kamu rasakan, dengan begitu kamu akan menghasilkan karya terbaikmu.

Mimin harap dengan artikel ini, maka kalian mulai berpikir " Hei, ini saatnya gue menghasilkan karya yang menabjukan". SO, tunggu apalagi? gaskan terus jangan beri kendor.

Bonus,,,

0 komentar

Post a Comment