13 Anime yang Sangat Sulit Untuk Dilupakan, Lebih Sulit Dari Mantan

13 Anime yang Sangat Sulit Untuk Dilupakan

Dok. Pribadi | Treonime
Guys, semenjak kamu lahir hingga kamu kenal dengan yang namanya anime gue yakin pasti ada beberapa anime yang sangat sulit untuk kamu lupakan bukan? walau sudah banyak anime yang sudah kamu tonton. Anime-anime ini bisa jadi adalah yang pertama kali kamu tonton atau yang pertama kali membuat air matamu mengalir. Kamu merasa kehilangan setelah series tersebut tamat atau selesai dan dadamu serasa sesak. 

Well, itu adalah hal yang wajar. Kamu yang sudah terbiasa dengan suasana dan karakter suatu anime dan tiba-tiba sudah sampai di episode terakhir. Itu rasanya sakit banget, apalagi kalau belum ada kabar musim selanjutnya dari anime tersebut.

Nah, kali ini gue akan sedikit memberikan beberapa list anime yang menurut gue sangat sulit dilupakan. Bahkan lebih sulit dari melupakan mantan. Ini murni pandangan gue sendiri, so just check out..


#13. Puella Madoca Magica

Kamu udah tonton yang satu ini? belum? kok belum? buruan gih. Kenapa? Tidak lain karena kamu gak akan mendapatkan cerita mainstream dengan segala fan service yang ada di anime zaman now. Old but Gold, kalimat tersebut sepertinya sangat menggambarkan anime diatas. Kamu mungkin agak risih dengan grafik khas studio Shaft namun dibalik itu ada cerita yang benar-benar beda di anime ini. Gue bisa bilang bahwa sang author berhasil memadukan story dengan grafik ala studio shaft dengan sangat mumpuni.

Kesan mencekam serta artistik yang dibarengi dengan cerita yang punya banyak plot twist gue rasa cukup untuk membuat otakmu menyimpan dengan utuh scene-scene yang ada di anime ini. Kamu harus tonton anime ini, harus artinya harus

#12. Sakurasoe  no Petna Kanojo

Kenapa Sakusasoe masuk ke list ini? simpel aja, karena tingkah laku mereka selama di asrama tua nan bobrok itu sangat memorable banget. Anime di buka dengan seorang MC yang sudah bosan dengan kehidupan yang datar dan monokrom. Seiring dengan waktu, sejak pertemuannya dengan Shinna Mashiro hidupnya pun mulai berwarna. Bukankah indah melihat kehidupan seseorang yang dulunya hanya berupa kanvas kosong mulai terlukis dengan warna-warni? hal itulah yang terjadi di Sakurasoe. 

Gue yakin kalau kamu udah tonton anime ini, kamu akan merasa "wah enaknya tinggal di asrama seperti itu". Yap, benar-benar menarik. Apalagi setiap tokoh punya tujuan yang ingin dicapai, melihat mereka sedikit demi sedikit mulai dekat dengan tujuan mereka itu merupakan momen-momen yang tidak terlupakan.
Suasana di asrama Sakurasoe | Painart
Momen yang paling tidak bisa dilupakan dan selalu ada di ingatan gue dari anime ini yaitu ketika saat kelulusan senpai mereka. Ketika flashback misaki yang menceritakan Sakurasoe yang awalnya sepi mulai diisi satu persatu orang-orang aneh hingga asrama itu benar-benar penuh, serius gue gak bisa menahan tangis. Tersadar, wah sebentar lagi ni anime juga usai beriringan dengan lulusnya para senpai itu.


#11. Steins Gate

Pernah nonton trilogi fenomenal back to the future? nah dapat dikatakan Steins Gate adalah versi anime fenomenalnya. Saat ini baru saja telah menyelesaikan musim keduanya. Temanya pun tidak jauh-jauh, tentang penjelajah waktu. Namun beda dari back to the future, di anime ini sang tokoh utama tidak menjelajah waktu dengan tubuh fisiknya, tetapi ia mengirimkan ingatannya saat ini ke dirinya yang berada di masa lalu.

Terus dimana memorablenya?

Nih, coba kamu bayangkan kamu seorang time traveler. Nah, di dunia yang sedang kamu tempati kamu mendapati orang yang kamu sayangi mati, terus kamu menggunakan mesin waktu untuk mencegah dia mati. Namun, sudah digariskan di dunia tersebut bagaimana pun usaha dia, tetap sang heroin akan mati. Puluhan kali dicoba tetap gagal. Perjuangannya ini yang menarik, dia bahkan tetap ingat kenangan di setiap dimensi yang ia lalui. Bagaimana dunia benar-benar berubah seiring ia terus menerus melakukan time leap. Dan menyadari, waktu-waktu yang ia habiskan secara damai ketika mesin waktu belum ada tidak bisa ia dapatkan kembali. Gue rasa, nyesek banget kalau mengingatnya kembali. 

Namun jangan khawatir, anime ini tetap happy ending kok, tentu dengan caranya sendiri.

#10. Nagi no Asukara

Gue sangat terkesan dengan anime-anime buatan P.A Works, salah satunya Nagi no Asukara. Studio satu ini memang selalu meninggalkan feel yang mendalam di setiap anime yang mereka rilis. Baik itu anime romance, slice of life hingga action. Bahkan ada yang mengatakan bahwa P.A Works adalah studio adalah pencipta anime paling memorable. Gue rasa pernyataan itu ada benarnya juga, karena berdasarkan pengalaman, semua anime P.A Works selalu meninggalkan kesan setelah gue nonton animenya. 

Biasanya setelah menonton anime gue tidak akan kepikiran dengan anime yang telah gue tonton, namun P.A Works selalu membuat gue merasa kehilangan setiap animenya berakhir. Gue yakin kamu akan merasa demikian, buktikan saja.

#9. Spice and Wolf

Mari menuju ke abad pertengahan dimana perdagangan adalah topik utama yang paling sering dibicarakan. Nah, Spice and Wolf sebenarnya merupakan sebuah dongeng antara seekor serigala dan seorang manusia yang dimanfaatkan (manusia yang diberi rempah-rempah agar rasanya lebih enak). Tetapi di anime ini kamu tidak mendapatkan hal sehorror itu, melainkan komedi epik antara dewi berwujud serigala dan seorang ahli pedagang.

Gue gak tau kenapa anime yang rilis sebelum tahun 2010 kebanyakan adalah anime-anime yang kaya akan cerita. Seperti halnya Spice and Wolf, tidak hanya menekankan romance tetapi juga filosofi-filosofi berdagang yang secara tidak langsung memperkaya pengetahuan kita. Well, bagi kamu yang nyaman dengan anime berlatar abad pertengahan maka Spice and Wolf adalah jawaban yang paling tepat.

Baca juga 10 Anime Berlatar di Abad Pertengahan

#8. Fullmetal Alchemist : Brotherhood

Anime yang satu ini sudah 9 tahun bertengger di peringkat pertama di Myanimelist sebelum akhirnya terjun bebas ke peringkat 6 setelah di geser Shingeki no Kyuyin Season 3 Part:2. But, seperti biasa. Old but Gold, benar-benar anime yang menawarkan kualitas bukan hanya fan service seperti yang marak terjadi belakangan ini.

Jujur, untuk anime ini punya banyak hal yang menarik yang memorable banget. Gue tidak tau mau ngangkat momen yang mana, but yang pasti ranking yang tinggi di MAL tidak akan membuatmu merasa di PHPin. Anime ini benar-benar menarik dan berkesan, kamu akan puas setelah menonton seluruh episodenya, seakan kamu sendiri yang menjadi sang MC.

#7. Cowboy Bebop

Gue awalnya agak sedikit kurang suka dengan anime ini, tidak lain karena perkara grafiknya yang tidak terlalu mulus. Wajar sih, soalnya anime ini terbit sebelum gue lahir. But, anime ini pula yang membuat gue sadar bahwa grafik bukanlah hal yang harus menjadi penentu baik atau tidaknya suatu anime. Kamu akan sadar, ternyata yang disebut anime kelas atas itu salah satu faktor yang paling menentukan itu adalah storynya. 

Kamu tidak akan mendapatkan aksi yang memukau dengan berbagai tembakan dan ledakan perang antar pesawat luar angkasa disini walau genrenya adalah Space. Justru karena itulah anime ini sangat memorable, penulis berusaha memperluas pemahaman penonton bahwa genre space tidak melulu tentang perang. 

Anime ini merupakan salah satu anime yang harus kamu tonton sebelum kamu mati. Yap, seperti itulah penjelasan simple yang mengungkapkan anime ini.

#6. Oregairu

Pernah dengar dewa hachiman? ya, hachiman adalah salah satu dewa yang ada di kepercayaan orang jepang. Namun di anime ini kamu akan menemukan Hikkigaya Hachiman merupakan seorang dewa bagi para nolep. Setiap kata-katanya sering dijadikan quote, dirinya sering menjadi panduan dalam menjalani hidup bahkan akhir-akhir ini sering muncul fenomena "Aku bange/literally me" terkait Hikkigaya sendiri. 

Yang menarik dari anime ini adalah keberhasilan sang pengarang dalam merubah pandangan orang-orang bahwa tidak selamanya penyendiri itu buruk. Kehidupan yang lebih suka menyendiri malah menarik orang-orang untuk lebih dekat dengannya. Dia berhasil (red: hachiman) memperbaiki citra orang-orang penyendiri, bahwa tidak selamanya penyendiri itu buruk. 

Kata-katanya paling berkesan yaitu " Aku bukannya tidak ingin berbicara dengan kalian, namun aku hanya tidak sanggup harus berbicara sesuatu yang sia-sia". 

Selain penyendiri, hikkigaya juga mengajarkan bahwa konsistensi dan tanggung jawab adalah hal yang penting. Ini gue dapat saat scene dia memakan kue buatan Yuigahama sampai habis walau tidak enak.

#5. Angel Beats

Nah, kalau ada seorang yang bertanya rekomendasi anime ke gue maka anime pertama yang keluar dari mulut pastilah Angel Beats. Kebanyakan pasti setuju, soalnya kalau masalah feel dan kesan sudah pasti anime ini sangat unggul. P.A Works adalah dalang dari sesaknya hati gue setelah selesai marathon anime ini. Bahkan bangun tidur pun yang paling pertama teringat adalah scene terakhir ni anime. Bukan lebay ya, mungkin Angel Beats adalah anime terbaik P.A Works dan akan selalu menjadi yang terbaik.

Lihat kembali scene dibawah, kalau hatimu merasa sesak melihatnya, maka sudah dipastikan Angel Beats sudah berhasil masuk ke relung hatimu.
Kamu seakan bisa mendengar ost endingnya
Kamu belum nonton anime ini? kembali kepadamu, apakah ingin mati menyesal atau mati menangis gara-gara anime ini. Well, kalau yang ini sih udah kelewat lebay.

#4. Gintama

Bapak-bapak dan Ibu-ibu, mohon di cek top anime di Myanime list. Sudah? pasti kamu sudah tau kan seberapa hebatnya ni anime sampai-sampai mendominasi 20 besar anime terbaik. Bahkan setiap seasonnya, ni anime selalu mendapat rating diatas 8, sungguh nilai tersebut sudah sangat sulit didapatkan di zaman sekarang ini.

Anime ini walau kata orang dipenuhi dengan komedi, ternyata juga punya dark side yang keren juga. Gintoki sang MC yang punya segudang tingkah kocak ternyata adalah seorang yatim piatu sejak anak-anak, dan sudah mulai membunuh orang untuk sekedar makan sejak usia kanak-kanak. Masa lalunya sangatlah kejam, saat remaja ia dijuluki "Shiroyasha aka Iblis Putih".

Well, mungkin anime ini didominasi dengan komedi. But saat memasuki arc serius, disitulah kamu akan menemukan sesuatu yang membuat gintama bertengger di peringkat atas di MAL. Bahkan hingga saat ini, the final arc "Arc Silver Soul", kamu akan jarang menemukan candaan di satu episode penuh. Lebih banyak hal yang mencekam, bahkan kalau kamu menontonnya dari awal. Melihat suasana kota yang dulunya penuh guyonan, kini menjadi kota mati. Tentu rasa kehilangan semakin terasa. Berharap agar sang pengarang cepat-cepat merubah suasana itu menjadi kocak kembali.

#3. Code Geass

Code Geass adalah  satu-satunya anime action yang paling sulit gue lupakan bahkan hingga saat ini. Bahkan hal yang paling memorable itu adalah hal yang paling berbahaya untuk gue spoilerin.

So, gue gak banyak mengulas ni anime karena takutnya malah sop iler pula yang keluar. But, the most important thing i should tell you, this one will make you cry a lot at the end. Sejauh ini, hanya itu yang bisa gue beri tahu. Selanjutnya kamu berhak menilainya sendiri. Ingat!! gue menaruh dia di peringkat 3 di list ini bukanlah tanpa alasan.

#2. Shigatsu wa Kimi no Uso

Memulai hari di awal bulan april rasanya sangat lain bagi yang sudah menonton anime ini. Ketika pohon sakura mulai bermekaran, saat Arima pertama kali berjumpa dengan Kaori yang sedang bermain pianika kecil. Gue rasa momen-momen awal itu sudah sangat melekat di pikiran kita.
 
Shigatsu wa Kimi no Uso, kamu tau artinya? " Kebohonganmu di bulan april". Sekilas kalau kamu belum nonton pastinya kalimat itu bukanlah sesuatu yang penting. But, setelah menonton anime itu sampai habis, dengan hanya melihat kalimat itu maka kamu pasti teringat kembali momen-momen saat Kaori menganggap Arima adalah "Teman-A". Sebuah kebohongan yang sangat dalam. 
Sampai sini paham?
Bukan hanya animenya, ostnya juga sangat memorable loh. Sebut saja orange yang dinyanyikan oleh 7!!!. Hanya dengan mendengarnya, kamu seolah menonton ulang anime tersebut dan mengulang adegan terakhir itu. Yap, saat Arima dan Kaori memainkan lagu terakhir mereka dan saat surat terakhir itu mulai dibaca kata demi kata. Seluruh perasaan yang ditulis jauh hari sebelum hari H. 
Baca juga 8 Lagu Versi Gitar Akustik Tersedih


#1. Clannad: After Story


Jun maeda, tidak terlalu berlebihan jikalau mengatakan bahwa anime apapun yang ia ciptakan adalah yang terbaik. Dan yang terbaik diantara yang terbaik tersebut adalah Clannad khususnya Clannad: After Story. Well, seperti Angel Beat, Clannad meninggalkan kesan yang sangat mendalam bahkan sampai menusuk relung hati.

Bahkan dengan hanya mendengar inser song anime yang satu ini, gue seakan teringat kembali dengan masa lalu gue sendiri. Belum lagi drama yang ada di anime ini. Bisa dikatakan Clannad: After Story adalah karya terbaik manusia di bidang anime. Seakan setiap karakter di anime ini benar-benar hidup.

Kamu akan dihadapkan kepada kenyataan kehidupan dengan berbagai rahasianya hanya dengan sebuah anime. Hanya dengan menonton anime ini, kamu seperti merasa "wah seperti ini ya kehidupan".

Mungkin kosakata yang gue punya saat ini belum mampu menjelaskan betapa masterpiecenya anime yang satu ini.

Gue merasa, kalau ada teman yang belum nonton anime ini maka dia belum sepemikiran sama gue. Tapi di lain pihak, gue ingin menyimpan anime ini untuk gue sendiri dan tidak ingin merekomendasikannya. Sebuah paradoks pemikiran ini tidak lain muncul dari kekaguman yang luar biasa dari sebuah karya manusia.

At least, you should watch this masterpiece before you die. Please, rest in peace with harmony of life.

0 komentar

Post a Comment