Tuesday, July 11, 2017

7 hal ini yang membuat anime layak untuk di tonton(pemula wajib baca!!!)


Anime layak ditonton karena 7 hal ini

Anime pada dasarnya sama dengan kartun-kartun lain, hanya sebuah gambar dua dimensi yang dikumpulkan dan dibuat sedemikian rupa sehingga seperti bergerak. Bukanlah hal yang mudah untuk membuat kartun dari kumpulan gambar-gambar tersebut. Mulai dari latar belakang, desain karakter hingga musiknya dibuat satu persatu oleh studio. Hal ini membuktikan bahwa anime atau kartun-kartun yang lainnya dibuat dengan dedikasi tinggi para animatornya.


Namun bukan itu yang kita bahas sekarang, melainkan kenapa gambar bergerak dua dimensi ini layak ditonton hingga banyak penggemarnya?.Tidak mungkinlah kita menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak menarik dan sia-sia bukan? Banyak juga yang menilai anime atau kartun kebanyakan hanya dikonsumsi untuk sekedar hiburan. Tak salah memang melihat sudah menjadi kebiasaan turun menurun masyarakat yang menganggap anime hanya pengihibur di masa kecil.

Dulu sebelum mengenal anime saya juga berpikiran begitu, saya hanya berpikir bahwa anime merupakan pelengkap masa kecil. Sebut saja naruto. Ya dulu saya hanya mengenal naruto, bahkan saya tidak tau kalau naruto adalah bagian dari anime.

Namun sejak tau apa itu anime lebih dalam dan mulai menonton banyak judul saya sadar, ternyata anime bukan hanya sebatas kartun. Sama seperti drama atau sinetron, beberapa anime juga memiliki cerita yang mendalam dan menginspirasi.

Hal inilah yang ingin saya sampaikan, bahwa anime bukan hanya hiburan semata. Banyak yang bisa kita dapatkan dari kumpulan gambar bergerak tersebut.
Mau tau apa saja? Simak ulasannya dibawah ini.

Hal-Hal yang membuat anime layak untuk di tonton

Mulai dari :

1.Seru

Kenapa seru? Kebanyakan anime bergenre action memang memiliki bagian seru di setiap scene bertarungnya. Hal ini tak lepas dari minat masyarakat yang menyukai anime dengan banyak adegan bertarung di setiap episodenya.

Sama seperti kebanyakan film HOLYWOOD yang memang di buat untuk membuat penonton takjub akan visual efeknya. Anime juga dapat membuat penonton takjub loh, sebut saja anime yang belum lama ini fenomenal yaitu ONE PUNCH MAN. Melihat scene badassnya pasti akan mengundang decak kagum para penonton bukan?

Bahkan banyak orang yang sebelumnya tidak tahu menahu soal anime jadi tertarik untuk mencicipi dunia dua dimensi ini.

2.Ceritanya menyentuh

Siapa bilang kalau Cuma drama korea yang memiliki cerita yang membuat penontonnya baper? Beberapa anime juga sudah terbukti membuat banyak orang meneteskan air mata setelah menonton anime sedih loh. Sebut saja anime Clannad, Shigatsu, dan Anohana, anime-anime tersebut sudah tak di ragukan lagi fellnya.

baca juga anime romance terbaik

Namun kenapa anime yang banyak di katakan hanya sebagai penghibur malah memiliki cerita yang mendalam seperti itu? . Karena anime juga merupakan sebuah drama bro, sama seperti drama korea atau sinetron pada umumnya. Yang membedakannya hanyalah anime yang menggunakkan gambar sebagai pemerannya.

Hal inilah yang tidak disadari orang-orang diluar sana, bahkan ada yang mengecap penggemar anime dengan sebutan Wibu. Padahal yang menarik itu animenya bukan kebudayaan jepan sana walaupun ada beberapa orang yang tertarik setelah menonton anime.

3.Menginspirasi

Kadang orang tua membiarkan anaknya menonton anime agar anaknya belajar hal-hal yang baik dari anime tersebut. Namun ketika dihadapkan kepada anime dengan rating dewasa mereka para orang tua malah mengutuk anime tersebut.  seharusnya mereka tau bahwa tidak semua anime cocok untuk anak-anak. Ada banyak anime yang dibuat untuk dikonsumsi orang dewasa.

Namun mereka malah menyamakan semua anime tanpa alasan. Kadang jika sebuah anime memiliki citra buruk maka anime yang lain juga ikut imbasnya. Begitulah Indonesia, mereka yang tidak tau apa istilah anime yang sebenarnya malah menuduh anime merusak generasi bangsa.

Tak heran kenapa akhir-akhir ini KPI mensensor habis anime dan sejenisnya. Bahkan Spongebob yang dulunya bebas sensor sekarang seakan kartun tersebut merupakan ciptaan para penjahat.

4.Media pembelajaran

Terkadang kebanyakan anime baik itu yang bergenre Sci-fi maupun yang lainnya sering mengatakan istilah yang tidak kita ketahui. Saat dijelaskan apa itu barulah kita tau apa yang mereka bicarakan. Tentu dengan metode ini anak-anak akan dengan mudah mengingatnya karena dibarengi hal yang seru.

Mungkin di jepang sana, anak-anak lebih mudah mencerna pelajaran yang ada jika dibuatin animenya. Bukan tanpa alasan, mengingat manusia lebih mudah belajar dengan mengandakan tayangan visual.

Tentu bagi kita juga banyak pelajaran yang berharga, pengalaman hidup misalnya. Sebut saja anime sakurasoe no petna kanojo, anime ini memang dipenuhi komedi, namun banyak juga yang bisa kita pelajari dari kehidupan sang tokoh utama. Mulai dari kehidupan seseorang yang dipenuhi kegagalan hingga berprasangka buruk kepada orang lain. Semuanya bisa kita petik hikmahnya.

5.Lucu

Tak dipungkiri lagi bahwa setiap anime yang ada akan selalu di isi oleh komedi untuk mencairkan suasana agar penonton tidak bosan. Baik itu anime serius maupun anime yang dikhususkan untuk membuat penontonnya tertawa.

Karena hal ini pula, banyak  penggemar anime mendapat kesan pertamanya terhadap anime tersebut. Konosuba contohnya, anime ini yang awalnya diprediksi menjadi anime pertualangan seru dan menegangkan malah menyajikan komedi di setiap scenenya. Dikarenakan hal tersebut, banyak respon positif para penggemar akan penayangan anime ini sendiri. Hal ini membuktikan bahwa anime juga mengambil peran yang besar dalam dunia hiburan.


6.Unik

Kenapa unik? Bayangkan scene di anime dimana seorang karakter anime meninju karakter lain hingga terpental keluar angkasa. Hal ini tentu saja tidak akan didapat di drama manapun bukan?
Hal-hal tak masuk akal ini juga menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah anime. Karena disinilah letak perbedaan mendasar dari anime dengan drama korea ataupun sinetron lainnya. Karena hal yang tak masuk akal tadi sudah menjadi ciri khas tersendiri dari sebuah anime. Author bebas memasukkan semua imajinasinya tanpa batas kedalam anime.


7.Keren

Terkadang ada yang menganggap mereka yang menonton itu cupu. Mungkin mereka belum tau seperti apa rasanya jika sudah mengetahui anime lebih dalam. Bagi sesame penggemar anime, jika ada yang menyarankan anime bagus dan jika anime ini memang benar-benar bagus maka yang merekomendasikan tadi juga termasuk keren.

Memang banyak citra buruk para penggemar anime di mata masyrakat. Seperti pendiam, suka mengurung diri di kamar atau sering meniru adegan kasar yang ada pada anime tersebut.

Tak dipungkiri lagi bahwa hal itu memang tidak patut dilakukan, kita juga harus menjaga diri agar tidak jatuh kejurang kesuraman hanya karena hobi. Namun karena sudah menjadi kebiasaan, mereka yang tidak suka sama penggemar anime malah menyamakan semua penggemar anime dengan orang-orang tadi.

Akhir kata

Jujur jika lihat apa yang terjadi di lapangan, anime memang banyak melahirkan sifat-sifat buruk penggemarnya. Namun sekali lagi saya bilang, anime itu bukan hanya konsumsi anak-anak. Sama seperti fim-film lainnya, anime juga punya rating yang berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan salah kaprah.

Anime yang seharusnya hanya boleh ditonton orang dewasa malah ditonton anak-anak. Ketika mereka meniru adegan kasar tersebut, orang tua malah menyalahkan anime dan melaporkan ke KPI.

Seharusnya mereka memfilter anime yang sesuai untuk anak mereka bukan malah mematikan industry anime ini.

Satu-satunya solusi ya memindahkan jam tayang anime rating dewasa ke jam malam. namun apa daya, pihak penyiar tidak mau rugi karena anime yang sudah dia beli mahal hanya untuk ditayangkan di jam malam. Akhir-akhirnya anime juga yang salah, bahkan ada beberapa TV yang tidak membubuhi tayangan anime dengan rating. Sehingga orang tua mengira anime itu di tujukan untuk segala usia.

Harap saya bahwa anime semakin maju, saya tidak bermaksud menjelekkan orang lain. Saya hanya menyampaikan opini terhadap anime yang dikatakan tak layak untuk anak-anak.
 

0 komentar

Post a Comment