7 film anime khusus untuk penggemar game

Akhir-akhir ini kita sering disuguhkan oleh game mobile, dari yang dulunya penggemar game lebih memilih bermain di PC seperti Point Blank, kini dengan bermodalkan smartphone kita bisa mencicipi serunya bermain game tersebut. Belum lagi merebaknnya game Moba yang seperti Mobile Leggend, AOV, dan masih banyak lagi yang membuat industri game semakin ramai saja.

Nah, bagi kamu yang merupakan penggemar game pasti sudah tidak asing dengan anime bukan? bagaimana tidak, karena kiblat industri game dan anime berasal dari negeri yang sama yaitu jepang. Karena dengan kreatifitas yang tinggi, jepang berhasil memasarkan 2 produk utama kebudayaannya yaitu video game dan animasi. So, sudah sepatutnya kamu mengetahui beberapa film anime dibawah yang khusus dibuat untuk kamu penggemar game, bahkan ada yang beberapa film tersebut dibuatkan versi gamenya.


Berikut 10 film anime yang cocok bagi penggemar anime


 1     Sword   Art   Online 

film anime sword art online

Genre isekai atau dunia alternatif merupakan genre yang populer diantara semua genre fiktif jepang karena kebebasan author menuangkan idenya secara bebas. Tapi lain halnya dengan anime yang satu ini, walaupun berlatar di dunia alternatif tapi berbasiskan pada permainan video atau pengalaman realitas maya. SAO termasuk anime yang pertama dengan ide latar berbasis pengalaman realitas maya, hal inilah yang membuat anime ini terbilang unik. Dengan cerita bersumber dari Light Novel yang ditulis  Reki Kawahara, menceritakan seorang gamer VR Kirito, terjebak dalam game VR multiplayer massal bersama ribuan pemain lainnya. Satu-satunya pelarian adalah menyelesaikan permainan - tapi mati hampir berarti kematian di dunia nyata. Nah disinilah yang menariknya, game yang biasanya tidak terlalu berpengaruh terhadap kehidupan nyata bukan? tapi di dunia SAO, mati di dalam game maka bisa dipastikan mati didunia nyata.


  2    Ghost   In   Shell 

film anime ghost in shell


Cerita berpusat kepada Motoko Kusanagi dan pemberantas teroris Bagian Keamanan Publik 9.  Manga cyberpunk Masamune Shirow yang hampir legendaris telah menghasilkan adaptasi film, TV, dan adaptasi Original Video Animation (OVA). Meskipun game Ghost in the Shell  sendiri langka, Shirow telah meninggalkan tanda tak terhapuskan pada jiwa Developer game. Judul Destiny studio Bungie tahun 2001 berjudul Oni secara langsung terinspirasi olehnya, sementara tema transituman GitS, pembesaran cybernetic, dan kesadaran yang dapat dialihkan menemukan gema dalam segala hal mulai dari Mass Effect hingga Metal Gear. Ada banyak GitS yang bisa ditonton, tapi disarankan nonton film dari tahun 1995 yang aslinya agar mengerti seberapa masterpiecenya pemikiran Shirow.


   3    Dragon       Ball 

film anime dragon ball


Walaupun anime ini sudah sangat terkenal bagi penggemar anime maupun awam, tapi ada baiknya kita sedikit memperkenalkan mahakarya yang satu ini. Anime ini sedikit terinspirasi oleh novel cina tentang perjalanan epik ke barat,  pertarungan yang telah lama dimulai dengan Goku dan teman-teman super powernya dan juga rivalnya sudah menjadi satu titik maintream yang sukses dipasaran. Padahal ketika pembuat aslinya Akira Toriyama menggambar manga sekitar tahun 1995, anime ini berakhir di final episode dari Dragon Ball GT pada tahun 1997, namun nyatanya hingga sekarang anime ini masih melakukan penambahan cerita yang hampir membuat keseluruhan cerita menjadi membosankan. Walaupun begitu, industri game menyelamatkan semuanya, dari dana penjualan game tersebutlah anime ini tetap hidup dan memasuki seri barunya.


  4    Digimon 

film anime digimon


Ya, Digimon. Seri pertarungan monster Bandai-Namco ini tidak pernah sekalipun menikmati kesuksesan Pokémon saingannya, namun kehadirannya yang berkurang memungkinkan adaptasi anime terbang di bawah radar. Adaptasi  TV seri ini pada awalnya masih sangat ditujukan untuk pemirsa yang lebih muda, mengeksplorasi tema yang lebih dewasa daripada yang dimiliki Ash dan Pikachhu, termasuk ditinggalkan dan meninggal dunia. Selama bertahun-tahun, Digimon telah tumbuh dengan penontonnya yang semakin banyak, yang berpuncak pada Digimon Adventure Tri saat ini, serangkaian film full-length yang kembali ke karakter asli saat remaja dewasa.



 

  5    Sprited       Away 

film anime sprited away


Hampir semua film buatan studio ghibli bisa menjadi list sebenarnya, tidak dipungkiri yang satu ini menjadi legenda dibidang film. Dengan mengingat alm. Hayo Miyazaki dan Isao Takahata yang telah menginspirasi dan mempengaruhi ribuan penulis dan pengembang lainnya. Spirited Away terbit karena kesamaannya dengan satu-satunya game Ghibli yang terlibat langsung dengannya, Ni no Kuni. Ghibli menyediakan animasi cutscenes untuk RPG Level-5 yang dikembangkan, seperti pemenang Oscar Spirited Away, melihat pahlawan mudanya tertarik ke dunia fantasi yang indah. Pengaruh Studio Ghibli dapat ditemukan di tempat lain juga, dari seri awal PlayStation Jade Cocoon, yang menikmati keakraban visual dari desainer karakter Studio Ghibli karya Katsuya Kondo, sampai tarif indie yang akan datang seperti Lupaton Anne.



  6    Mobile   Suit    Gundam 

film anime mobile suit gundam

Siapa yang tak kenal seri robot ini? patut dipertanyakan deh kecintaanya kepada animasi jepang. Hampir disetiap toko yang menjual francise anime robot Gundam ditemukan. Gundam telah menjadi kekuatan dalam budaya pop Jepang sejak anime TV asli ditayangkan perdana pada tahun 1979. Sebagian besar menceritakan kisah perang yang realistis di masa depan dimana senjata robot humanoid raksasa mendominasi medan perang, Gundam memiliki puluhan adaptasi permainan video dengan namanya. (paling baru Gundam Versus di PS4) tapi juga mengilhami mecha yang lebih realistis yang terlihat seperti Core Lapis Baja dan Front Mission. Budaya game kadang-kadang juga menyaringnya, seperti juga Mobile Fighter G-Gundam tahun 1994 - coba bayangkan Street Fighter II dengan robot raksasa yang menggunakan stereotip nasional di turnamen global.

Baca juga Anime Lawas Terbaik part 1






  7    Gunfrave  


Biasanya, anime yang diadaptasi langsung dari video game sangat mengerikan, namun beberapa  dari mereka berhasil tampil sebagai seri hebat dengan hak mereka sendiri. Sementara permainan hibrida penembak / petarung Sega Gungrave dilupakan saat ini, serial 26 episode ini mengambil plot barebones - mayat mayat di luar Grave berusaha membalas dendam pada organisasi kriminal yang mengkhianatinya - dan menciptakan sebuah saga yang rumit dan supernatural. ambisi dan pengkhianatan Elemen horor sci-fi-nya berbatasan dengan grindhouse, tapi sutradara Toshiyuki Tsuru dan studio animasi Madhouse memeras setiap tetes potensi dari premisnya dan membuat anime ini lebih jauh dari ekpetasi awal.



Itulah anime yang berbasiskan game baik latar maupun ceritanya, semoga dapat menambah daftar downloadmu karena list diatas sudah pasti yang sangat direkomendasikan.

0 komentar

Post a Comment